Resep Cara Membuat Ayam Iloni Khas Gorontalo



Pertama kali makan ayam iloni ini diacara gathering komunitas indonesia, di Orange NSW Australia. Rasanya enak, gurih pedas dan ada bau bakaran dari ayamnya. Khas baget rasanya. Selama ini ayam bakar yang saya makan cenderung manis, khas jawa Tengah.

karena saya suka sekali dengan ayam iloni ini, sayapun membuatnya sendiri dirumah dengan resep dari teman saya dari Gorontalo, teman saya tidak memberi takaran bahan, jadi takaran bahan dan bumbu saya kira-kira sendiri saja. Di resep asli ayam bakar iloni, tidak ada cinnamon dan jintan bubuk, tapi teman saya menambahkan kedua rempah tersebut. Dan menurut saya rasanya unik ada wangi dari kayu manis.

Terimakasih mbak femy buat resep ayam iloninya.

resep Ayam Iloni Khas Gorontalo =

600 gram ayam (10 buah sayap ayam)

2 lembar daun pandan

1 batang serai

300 ml santan

1/4 sdt jintan bubuk

1/4 sdt cinnamon bubuk

1/2 sdt gula pasir (tambahan saya)

1 buah jeruk lemon, ambil airnya (tambahan saya)

1/2 sdt garam

1/4 sdt lada bubuk

bumbu halus:

4 siung bawang putih

4 buah cabe merah besar

4 buah kemiri

1 cm kunyit

5 buah bawang merah

1 cm jahe (tambahan saya)


Cara membuat Ayam Iloni Khas Gorontalo =

Lumuri sayap ayam dengan air jeruk , diamkan 10 menit. Cuci bersih.

Haluskan bumbu, tumis sampai harum, tambahkan serai, daun pandan, cinnamon bubuk, jintan bubuk dan lada bubuk.

Masukkan ayam kedalam tumisan bumbu, beri santan, gula dan garam masak hingga matang dan santan habis.

Oven/panggang ayam sampai kuning kecoklatan. Sajikan

Nb : saat memanggang ayam olesi dengan sisa bumbu, dijamin tambah enakk. 
Rasanya enak bangett ada rasa pedas dari cabe, gurih dari santan dan wangi dari daun pandan juga cinnamon.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Ayam Iloni Khas Gorontalo"

Posting Komentar