Resep Dan cara Membuat Tempe Tapioka



Pertama kali membuat keripik tempe tapioka dan berhasil. Membuatnya sama saja dengan membuat tempe biasa, bedanya hanya dipenambahan tepung tapioka saja.

Bagi anda yang tinggal di dalam negeri dan tidak mau ribet dengan mengupas kedelai n merebus juga merendam kedelei. Ada cara lebih praktis dalam membuat tempe tapioka ini yaitu bisa membeli tempe yang belum jadi ("tempe bakal" kata orang jawa) di pasar. Nanti sampai rumah tinggal di tambah tepung tapioka, di taruh diplastik, dipadatkan. Tunggu 24 jam, sudah siap dijadikan kripik tempe.
Resep Tempe Tapioka
Bahan tempe :

300 gram kedelai

300 gram tepung tapioka

1 sdt ragi tempe

secukupnya air

1 sdt cuka/air jeruk nipis

bahan pencelup :

250 ml air

3 siung bawang putih, haluskan

1 1/2 sdt garam


Cara membuatTempe Tapioka

Buat tempenya dahulu:
Cuci kedelai, rebus selama 40 menit, kuliti sampai bersih. Rendam 24 jam.

Rebus lagi selama 10 menit, beri cuka. Tiriskan. Biarkan dingin beri ragi tempe lalu campur dengan tepung tapioka, aduk rata memakai sendok (jangan bersentuhan langsung dengan tangan)

Masukkan ke dalam plastik, tekan2 sampai padat. Ikat ujung plastik, atau pakai plastik klip seperti yang saya gunakan.

Biarkan 24 jam atau sampai tumbuh jamur tempenya. Setelah 24 jam penampakan lebih padat dan menyatu antara kedelai dan tepung tapioka.

Siapkan bumbu tempe. Iris tempe tipis2 lalu celup ke dalam bumbu, jangan direndam. Lalu goreng di minyak panas dengan api sedang. Biarkan sampai matang.

Angkat dan tiriskan. Siap di simpan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Dan cara Membuat Tempe Tapioka"

Posting Komentar