Resep Dan cara Membuat Gulai Kepala Ikan



Beberapa waktu yang lalu masak ikan asam manis yang saya fillet. Dan waktu itu masih tersisa bagian kepala juga tulang-tulang yang ada sedikit dagingnya. Sayang kalau tidak dimasak lagi, lalu saya masak saya jadi gulai kepala ikan.

Resep Gulai Kepala Ikan

1 buah kepala ikan (saya pakai ikan murray cod-bisa diganti ikan yang lain, kakap misalnya)

400 ml santan kental, saya tambah 200ml air

1 batang serai

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

2 cm lengkuas

secukupnya gula pasir, garam dan pala

bumbu halus :

4 buah bawang merah

4 siung bawang putih

1 buah cabe merah besar

8 buah cabe rawit merah

1 cm kunyit

1/2 sdt ketumbar

2 cm jahe

4 butir kemiri


Cara membuat Gulai Kepala Ikan  =

Siapkan semua bahan. Belah kepala ikan menjadi dua beri air jeruk lemon biarkan 15 menit, cuci bersih lalu panggang 15 menit. (Bisa juga tanpa dipanggang dulu, cuma saya lebih menyukai yang dipanggang dulu, tekstur saat di masak pakai santan jadi kenyal tidak terlalu empuk)

Tumis bumbu sampai harum, tambahkan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas. Masukkan kepala ikan aduk aduk lalu tambahkan santan. Masak sampai matang. Angkat. Sajikan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Dan cara Membuat Gulai Kepala Ikan "

Posting Komentar