Resep Cara Membuat NASI BAKAR Ayam dan Teri



Bismillah
.
Selamat berbuka puasa semua ...
Hari ini buka puasanya Nasi Bakar plus bala2 alias bakwan... Alhamdulillah nikmat.
Entry for baking_bareng
.
Resep NASI BAKAR Ayam dan Teri
Source : Blog a-mynotes (resep Ibu Fatmah B)
.
Bahan:
500 gram beras, cuci, tiriskan
1/2 sdm garam
2 batang serai
600 ml santan (saya tambah 100 ml)
50 gram bawang merah iris
1 sdt kaldu bubuk (saya tidak pakai)
6 sdm minyak untuk menumis
daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bahan Tumisan:
150 gram daging ayam, potong dadu (saya pakai ayam kampung)
100 gram teri medan, cuci, goreng, tiriskan
3 buah bawang merah, iris
2 buah bawang putih, iris (tambahan saya)
2 buah cabai hijau, iris serong
2 buah cabe merah besar, iris serong
1 batang daun bawang, iris serong
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air
4 cabai rawit merah, iris serong
1 sdt kaldu bubuk (saya tidak pakai)
4 sdm minyak goreng untuk menumis
.

 
Cara Membuat NASI BAKAR Ayam dan Teri :
1. Tumisan:
Panaskan minyak, tumis bawang hingga layu, masukkan cabai, tumis hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk rata hingga daging matang dan berubah warna. Tuang air, masak hingga air meresap dan kering. Masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.
2. Nasi:
Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuang santan, daun salam, serai, garam, dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih  lalu masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20 menit hingga matang, angkat.
3. Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang dan beri tumisan kurang lebih 2 sdm di tengah, bungkus seperti lontong, semat dengan lidi ujung2nya. Bakar hingga harum (saya pakai teflon). Sajikan
*** 1 resep jadi 10 buah nasi bakar ukuran sedang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat NASI BAKAR Ayam dan Teri"

Posting Komentar