Resep Cara Membuat pepes ikan



Bismillah
.
.
Ini adalah resep pepes ikan kesukaan saya. Udah berkali kali saya bikin dan cocok rasanya. Resepnya dari Mba Endang justtryandtaste .
.
Resep pepes ikan:
2 ekor ikan mas, berat masing-masing sekitar 600 gr (saya pakai 1 kg ikan nila), taburi dengan garam dan kucuri air jeruk nipis. Diamkan sebentar, cuci bersih. .
.
Bumbu halus :
- 3 ruas jari kunyit
- 3 batang serai, ambil bagian putihnya saja
- 3 ruas jari jahe
- 3 ruas jari lengkuas
- 10 butir bawang merah
- 1 bonggol bawang putih, sekitar 8 siung bawang putih
- 140 gram cabai merah keriting (skr saya tidak pakai)
- 5 butir cabai rawit merah
- 1 sdm ketumbar bubuk
- 8 butir kemiri, sangrai.
- 1 sdm garam
- 2-3 sdm gula merah sisir
- 1 sdt kaldu bubuk (optional, saya tidak pakai)
.
Bumbu lain
- 4 buah cabai merah besar, buang bijinya, rajang melintang halus
- 6 butir cabai rawit merah biarkan utuh (saya tidak pakai)
- 10 lembar daun jeruk
- 2 batang daun bawang, rajang.
- 5 buah belimbing wuluh atau tomat hijau (saya tidak pakai)
- 2 buah tomat merah, rajang tipis
- 4 lembar daun salam
- 2 ikat kemangi, petik daunnya.
.
Bahan lainnya:
- segepok daun pisang yang cukup untuk membungkus ikan
.

 
Cara Membuat pepes ikan :

1. Haluskan bumbu halus, bisa dengan blender atau diulek. Sesuaikan rasa.
2. Bagi bumbu sesuai jumlah ikan.
3. Balur ikan dengan bumbu halus
4. Tata pada daun pisang : daun salam, daun jeruk, kemangi, daun bawang, tomat. Taruh ikan yang dibalur bumbu diatasnya, tutup kembali dengan daun jeruk, kemangi, daun bawang, tomat, cabe, dan cabe rawit utuh.
5. Bungkus daun pisang, semat dengan lidi.
6. Kukus atau presto ikan sampai empuk. (Saya presto 1,5 jam).
.
Alhamdulillah nikmat banget sama nasi putih dan sambel kecap aja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat pepes ikan"

Posting Komentar